Selasa, 15 Juni 2010

Dari Kampus ke kampus


"Tingkatkan Mutu dan Kualitas Pengelolaan Proses Belajar Mengajar 2010"
Semiloka Di Unika WidyaMandala

Surabaya. Sabtu (12 /06/2010) Pengembangan IPTEK di Indonesia mengalami percepatan yang fantastik dan sangat menghasilkan dampak yang signifikan bagi kesejahteraan hidup banyak orang. Untuk Itu diperlukan sebab itu diperlukan sebuah penataan sistem yang tepat, terarah dan berdaya guna yang dapat memiliki daya saing dan efektif bagi keberadaan institusi pendidikan. lalu dalam mencapai suatu hasil yang maksimal maka perlu diadakan diskusi, lokakarya dan lain sebagainya yang membangun dan memberikan pencerahan bagi para pemilik , pengatur, dan pembuat kebijakan sehingga hasilnya kedepan sebuah institusi itu dapat mendapat hasil yang optimal kelak dikemudian hari. senafas dengan pernyataan diatas maka Universitas Katholik Widya mandala mengadakan Semiloka yang berjudul Semiloka Penjaminan Mutu Pengelolaan Proses pembelajaran 2010 yang merupakan hibah Kompetisi institusi Dirjen DIKTI. Hadir sebagai pembicara Era Purwanto dari ITS Surabaya.
Menurut Era,yang juga adalah dosen yang sudah melanglang buana dalam dunia pendidikan menyatakan Sistem yang digunakan oleh Indonesia dalam penataan ini menggunakan sistem yang berafiliasi kepada Amerika Serikat yakni Malcom Baldgride.”lewat sistem ini maka dapat melihat ketercapaian yang akurat. Untuk itu bagaimana agar itu bisa tercapai ada beberapa hal yang harus dilihat diantaranya harus berbasis strategis, seluruh staff dan karyawan baik itu internal dan eksternal adalah asset daripada perusahaan, memiliki obsesi terhada kualitas, pendekatannya kepada arah yang lebih scientific, memiliki komitmen jangka panjang dan memiliki peran dan kerjasama antar team, ada proses yang berkesinambungan, edukatif dan pelatihan, memiliki demokrasi yang bertanggung jawab dan paling penting semuanya memiliki arah satu tujuan yang sama” ujar pria yang berkacamata itu. Selanjutnya jika ini dilakukan maka arah dari sistem tersebut dapat bergerak dan menampilkan manajemen yang bergerak dalam ritme yang membangun dan memberi nilai-nilai yang sungguh bermakna dalam kehidupan sebuah institusi pendidikan
Besar harapan dalam penyelenggaraan acara ini menurut Antaresti , ST., M.Eng. Sc agar para peserta dapat memahami tuntutan pemerintah dalam peningkatan sumber daya manusia serta memiliki daya saing yang berdaya guna khususnya dilingkungan Universitas Katholik Widya Mandala, Surabaya. Pun peningkatan kemamuan daripada dosen serta peningkatan sarana dan prasarana yang baik. Lebih jauh jika ditinjau dari nilai-nilai katolik maka “kalau kita memberikan sesuatu yang terbaik maka dapat membangun orang-orang yang terbaik itu pula. Kualitas itupun harus tercapai secara menyeluruh bukan hanya capaian akademis manusia saja” ujar wanita yang merupakan lulusan S-2dari New South Wales, Australia.
(trus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar