Rabu, 13 Oktober 2010

Bouncy Castle: Mari Belajar sambil Bermain

Surabaya (13/10/2010) Udara merupakan anugerah Allah yang sangat terbesar dan tak ternilai dalam kehidupan. Tanpa udara manusia tidak dapat hidup melainkan kematian. Oleh sebab itu perlu bagi setiap anak manusia dapat belajar dan merasakan dalam praktek kehidupan sepanjang masa lebih-lebih jika itu menjadi sebuah topik pembelajaran bagi anak-anak di usia dini agar dapat menjaga udara tersebut dalam lingkup yang sangat mendukung eksistensi kehidupan. Untuk memudahkan pemahaman tentang udara tersebut maka anak-anak sebagai peserta didik diberi arahan yang benar dalam melakukannya. Salah satu diantaranya lewat bermain.Bermain merupakan kebutuhan dasar daripada anak yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan mereka setiap hari. Makanya, anak merupakan generasi penerus bangsa perlu merasakan dan menikmati keindahan hidup tersebut dengan baik adanya pada masa pertumbuhan mereka secara baik dan benar. Terlebih jika bermain tersebut mendukung kegiatan proses belajar –mengajar tentunya hal tersebut dapat menambah faedah yang berkepanjangan dalam kehidupan anak tersebut secara total. Kalau sudah demikian maka anak dapat mengembangkan ketiga aspek dalam ilmu kependidikan yakni Kognitf( akal), Afektif( perasaan), dan psikomotorik( gerak) secara langsung dalam hidup mereka. Senada dengan pemikiran tersebut diatas maka anak –anak sekolah Dasar kelas 1 Sekolah Ciputra Surabaya melakukan kegiatan untuk membuktikan bahwa udara memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan setiap insan manusia yang ada di muka bumi. Bersamaan dengan hal tersebut maka Siswa-siswi Kelas 1 SD Ciputra Surabaya mengambil peran mereka serta membuktikan keberadaan udara ini secara nyata. Sebelum hal tersebut dibuktikan maka siswa –siswi kelas 1 SD Ciputra Surabaya dikumpulkan disalah satu kelas di lantai 1. Siswa yang terdiri 45 orang ini sangat berantusias untuk mengikuti kegiatan di kelas ini secara baik. Lebih jauh, mereka di beri tugas untuk mengisi beberapa pertanyaan yang dipersiapkan oleh guru kelas. Lalu mereka pun mendengarkan ceramah dari 2 narasumber yakni Andy dan Shintia King. Dalam pemaparannya Andy lelaki yang berkewarganegaraan Inggris tersebut memberikan pertanyaan kepada anak-anak. Salah satu diantaranya apakah yang kau ketahui tentang udara. Sontak dan penuh kepercayaan diri beberapa anak-anak mengangkat tangan untuk menjawabnya dengan semangat yang bernyala-nyala.” Bahwa udara memiliki suatu kekuatan dan tekanan yang dapat dirasakan oleh setiap manusia “ ujar Gio dari siswa kelas 1 B disekolah itu. Lalu andypun menyatakan benar. Selanjutnya untuk membuktikan daripada pernyataan anak-anak tersebut maka mereka semua diajak ke lapangan untuk menunjukan bahwa keberadaan udara itu ada dan dapat dirasakan tekanannya. Semua anak-anakpun diajak untuk duduk tenang oleh beberapa guru kelas 1. Kemudian dengan dikomandoi oleh Ibu Stacy mereka semua diperintahkan untuk berbaris menuju ke lapangan. Sesampainya mereka dilapangan. Mr Andy yang juga adalah direktur dari Indoor/outdoor Play centre Specialist meminta anak-anak untuk melihat sebuah castle( bahasa Indonesianya = istana) yang siap diisi dengan udara. Tetapi sebelum udara dimasukan Andy meminta salah seorang anak untuk masuk kedalam istana tersebut guna menunjukan bahwa udara itu ada. Mulai dengan diisi sedikit udara, separuh udara dan sampai udara itu penuh adanya. Dengan mesin pompa angin yang modern itu lalu angin dimasukan ke dalam istana tersebut sehingga menjadi mengembang dan besar lalu membentuk sebuah istana yang asyik dan bagus untuk di buat bermain bersama dengan anak-anak. Lalu semua anak-anak itu un bersuka ria seraya mereka ingin mengetahui dan memahami bagaimana jika mereka berada didalam istana itu. Kemudian tidak berhenti sampai disitu saja semua anak-anak lalu diberi kesempatan untuk masuk dengan di bagi menjadi 11 anak dalam satu kelompok selama 5 menit untuk merasakan Bouncy Castle ini secara bergantian.
Harapan dari kegiatan ini menurut Vanesa Stacy Claudia Spd, Mpd uru selaku perwakilan dari guru kelas 1 pada waktu itu yakni agar anak-anak daat merasakan bahwa udara itu memang memiliki ruang dan tekanan yang dapat dirasakan bagi kehidupan manusia. Khususnya dengan tema ini maka anak-anak dapat merasakan sambil dapat menjawab semangat keingintahuan mereka dalam proses belajar-mengajar tentang udara. Disisi lain harapan yang hampir senada juga disampaikan oleh Andy King Bahwa dengan “kegiatan ini anak-anak dapat memperhatikan dan mengamati bahwa peranan udara itu nyata dalam kehidupan mereka. Terlebih untuk penyampaian topic inipun perlu disampaikan secara total. Satu-satunya cara yang terbaik bagi anak yakni dengan Mari belajar dan bermain”ujar lelaki yang memiliki 3 anak itu
(Tito)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar